Jumat

Cara Mengobati Laringitis (Radang Pita Suara)

Apa Itu Laringitis (Radang Pita Suara)?


Cara Mengobati Laringitis (Radang Pita Suara) - Laringitis (Radang Pita Suara) adalah kondisi pada saat pita suara mengalami peradangan, ini bisa karena daanya infeksi oleh virus atau bakteri dan juga karena banyak digunakan. Biasanya, dalam kondisi normal, pita suara akan membuka dan menutup dengan lancar, tetapi ketika terjadi Laringitis, pita suara akan meradang dan membengkak. Laringitis bisa terjadi hanya dalam waktu sementara atau akut atau bisa juga dialami dalam waktu yang lama atau kronis.
Gejala Laringitis (Radang Pita Suara)
Tanda-tanda dan gejala penyakit Laringitis (Radang Pita Suara) yang biasanya terasa adalah:
* Suara akan menjadi serak, tidak seperti biasanya.
* Suara berubah lebih leirih, pelan, atau bahkan tidak terdengar suara keluar.
* Tenggorokan akan terasa sakit, kering, kasar dan juga gatal.
* Terjadi batuk kering.

 
Penyebab Laringitis (Radang Pita Suara)
Beberapa faktor yang bisa menimbulkan Laringitis (Radang Pita Suara) adalah:
* Karena penyakit infeksi pernapasan, misalnya karena influensa, bronkhitis, selesma atau bisa juga karena sinusitis.
* Karena terkena zat tertentu, misalnya zat kimia (ini bisa terjadi ditempat kerja), asap rokok, minuman alkohol dan asam lambung.
* Sehabis banyak menggunakan suara, misalnya setelah bernyanyi, berorasai, berteriak-teriak dengan suara keras dan lainnya.

Dan beberapa penyebab Laringitis (Radang Pita Suara) adalah:
* Adanya infeksi oleh virus, atau oleh bakteri tetapi biasanya lebih jarang/
* Setelah sembuh dari sakit tertentu, selesma, flu, dan radang paru-paru.
* Karena minuman beralkohol dan merokok.
* Karena asam lambung yang naik lagi ke tenggorokan.
* Sariawan pada pita suara.
* Terdapat bisul,nodul atau polip pada pita suara.
* Karena usia, semakin tua pita suara akan semakin mengendur.
* Pita suara lumpuh, bisa karena cedera tertentu, stroke atau ada tumor dalam paru-paru.
Pantangan Laringitis (Radang Pita Suara)
Bagi penderita Laringitis (Radang Pita Suara) sebaiknya agar memperbanyak minum air putih, berhenti merokok dan minum alkohol dan jangan terlalu sering berdehem, karena akan semakin menambah iritasi pada tenggorokan.

Seperti dilansir dari MedicineNet, Selasa (25/5/2010), berikut beberapa penyebab lain terjadinya suara serak:

    Nodul jinak pita suara
    Gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu gejala atau kerusakan mukosa yang diproduksi oleh refluks asam lambung yang abnormal di kerongkongan
    Alergi
    Merokok atau menghirup iritan
    Amandel
    Trauma laring atau pita suara
    Kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson dan stroke
    Kanker laring


Dan cara jitu untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Hemat suara
Ketika sedang serak, jangan gunakan suara untuk sementara waktu. Jangan bicara apalagi berbisik, karena berbisik dapat lebih menegangkan pita suara ketimbang bicara normal.

2. Minum minuman hangat
Banyak minum minuman hangat akan menyejukkan tenggorokan Anda. Minum 6 hingga 8 gelas per hari akan membantu membuat tenggorokan tetap basah. Tapi jangan minum kopi atau minuman berkafein lainnya, karena ini akan memperparah suara Anda.

3. Makan makanan yang mudah ditelan
Bubur atau makanan lunak yang mudah ditelan sementara waktu dapat membantu mengatasi suara serak.

4. Hindari pemicu alergi
Hindari lingkungan kering dan barasap atau tempat-tempat yang dapat memicu alergi Anda, karena dapat membuat tenggorokan kering dan memperparah suara serak.

5. Obat antibiotik
Laringitis akut yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, biasanya akan memperbaiki sendiri sebagai infeksi membersihkan tubuh. Pengobatan konservatif yang menekan batuk (tidak mengandung alkohol), antibiotik atau penghilang rasa nyeri dapat pula membantu.

6. Berhenti merokok
Bila suara serak Anda disebabkan karena terlalu banyak merokok, maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut, karena tak hanya membuat suara serak, tapi juga merupakan pemicu berbagai macam penyakit degeneratif.

7. Hirup uap
Menghirup uap air dari air panas dapat mengurangi radang dan mengencerkan lendir, serta meringankan suara serak.

8. Jangan gunakan obat kumur
Hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat memperparah iritasi.

9. Pembedahan
Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi nodul jinak atau polip, trauma laring atau pita suara, dan juga kanker laring.

Pengobatan Penyakit Laringitis
Pengobatan untuk laringitis tergantung pada penyebab. Laringitis akut disebabkan oleh virus sering membaik dengan sendirinya dalam seminggu atau lebih. Perawatan lain dapat dilakukan dengan cara mandi air panas, mengurangi bicara, minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, memperlakukan penyebab laringitis, seperti mulas, merokok atau alkoholisme. Menghisap pelega tenggorokan, berkumur air garam/mengunyah permen karet – ini tidak akan membantu sakit pita suara, tetapi dapat meringankan iritasi tenggorokan. Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebab terjadinya laringitis. Pengobatan terbaik untuk laringitis yang diakibatkan oleh sebab-sebab yang umum, seperti virus, adalah dengan mengistirahatkan suara anda sebanyak mungkin dan tidak membersihkan tenggorokan dengan berdehem. Bila penyebabnya adalah zat yang dihirup, maka hindari zat penyebab iritasi tersebut.  Anda juga mungkin akan terbantu bila anda menghirup uap hangat dari baskom yang diisi air panas. Bila anak anda yang masih berusia batita atau balita mengalami laringitis yang berindikasi ke arah croup, dokter anak mungkin akan meresepkan kortikosteroid seperti dexamethasone.
Untuk laringitis kronis yang juga berhubungan dengan kondisi lain seperti rasa terbakar di ulu hati, merokok/alkoholisme, anda harus memperbaiki dulu kondisi-kondisi tersebut bila anda ingin membaik. Sebagai tambahan, bila anda seorang perokok dan sering mengalami suara serak yang kerap kali terjadi, temui dokter anda dan lakukan pemeriksaan menyeluruh pada pita suara anda untuk memastikan tidak adanya sel-sel kanker pada pita suara anda. Bila dideteksi secara dini, kanker pada laring biasanya dapat diatasi dengan baik melalui tindakan operasi atau radiasi. Bila laringitis yang anda alami disebabkan oleh konsumsi alkohol, berhentilah minum alkohol.

Tidak ada komentar: