Sabtu

KEBUTUHAN ASI SESUAI USIA BAYI

Asi adalah satu - satunya asupan terbaik yang dibutuhkan bayi yang baru lahir, di awal - awal hari setelah bunda melahirkan produksi asi memang hanya sedikit bahkan ada bunda yang payudaranya belum memproduksi asi karena asi bisa baru keluar sampai 3 hari setelah persalinan. Hal inilah yang membuat orang tua kawatir dan beralih ke susu formula karena takut bayinya lapar dan kekurangan nutrisi serta kurangnya dukungan dari orang sekitar itu sangat berpengaruh. Maka dari itu setiap orang tua dan bunda hamil khususnya perlu menambah wawasan atau pengetahuan tentang kebutuhan asi bayi sesuai usianya.



Kebutuhan Asi Bayi
  • Usia 1 hari
Di usia ini, ukuran lambung bayi sangatlah kecil yaitu hanya sebesar kelereng atau biji kemiri dan kebutuhan asinya hanya 5 - 7 ml saja sekali minum, jumlah kebutuhan ini sangatlah pas dengan diawal - awal produksi kolostrum, jadi bunda tak perlu kawatir dengan produksi kolostrum yang sedikit serta jangan terburu - buru memberikan susu formula ya dan menariknya bunda peneliti menemukan bahwa LAMBUNG BAYI BARU LAHIR TIDAK MELAR untuk dapat menampung lebih banyak karena dinding lambung bayi itu tetap, kelebihan susu seringkali dibuang (dimuntahkan kembali). Untuk bunda yang kolostrumnyanya masih belum bisa keluar di hari pertama tetap bersabar ya bunda karena banyak pendapat DSA bahwa bayi baru lahir bisa bertahan 3 hari tanpa makan dan minum karena masih punya cadangan makanan yg mereka bawa dari dalam rahim, terus mintalah dukungan dari suami dan orang sekitar yakinlah bahwa kolostrum masih dalam proses produksi dan akan segera keluar asal payudara bunda juga terus dirangsang atau diberi stimulasi dengan menyusui.
  • Usia 3 hari
Kebutuhan di usia ini sedikit meningkat yaitu sekitar 22 - 30 ml asi sehari, ukuran lambungnya berkembang menjadi sebesar buah ceri atau anggur ukuran sedang dan produksi kolostrum juga semakin meningkat bayi bunda juga akan lebih sering menyusui yaitu sekitar 5 - 10 kali per hari.
  • Usia 4 hari
Tidak jauh beda dengan hari sebelumnya bayi akan menyusu 5 - 10 kali per hari dan kebutuhannya sekitar 58 ml tiap minum, namun mungkin dibeberapa bunda ini adalah hari terakhir kolostrum diproduksi dan berganti dengan asi  dan tak jarang kolostrum berakhir di hari ke 3.
  • Usia 5 dan 6 hari
Bayi bunda akan menyusu dari antara 8 - 12 kali per hari, tentu saja tetap sesuai dengan keinginannya ya bunda selalu susui bayi sesuai kebutuhannya ( on demand ).
  • Usia 7 hari
Di usia ini semestinya bayi bunda bisa menyusui kurang lebih 10 menit di tiap payudara sampai kosong setiap 2 - 3 jam sekali, kebutuhannya pun meningkat rata - rata menjadi 65 ml asi setiap kali minum.
  • Usia 2 - 4 minggu
Semakin bertambahnya usia bayi bunda semakin pintar menyusu dengan begitu berkurangnya durasi dan waktu ketika menyusi, pada minggu ke 2 dan ke 3 bayi bunda bisa menampung kira - kira 60 - 90 ml tiap kali minum dan pada minggu ke 4 bisa mencapai 90 - 120 ml tiap kali minum dengan durasi 7 - 9 kali per hari.
  • Usia 1 - 6 bulan
Tentu saja ketika bayi bunda sudah seusia ini ukuran lambungnya akan membesar, pada bulan pertama bayi bunda bisa menampung 120 ml asi tiap kali minum durasinya akan berkurang namum daya hisapnya pun akan semakin banyak, ketika menginjak usia 3 - 6 bulan durasinya rata - rata tidak berubah dan cenderung tetap.
  • Usia > 6 bulan
Pemberian asi sesuai on demand tetap dilanjutkan ya bunda, mengingat pemberian asi sampai 2 tahun sangat dianjurkan walaupun produksi asi bunda sudah agak berkurang. Dimasa ini bayi bunda juga sudah memerlukan asupan nutrisi lain yaitu MPASI sebagai asupan tambahan untuk membantu masa - masa pertumbuhannya. Perkiraan kebutuhan asi bayi diatas 6 bulan adalah sebagai berikut :
 4 - 6 bulan kebutuhan asi 840 - 960 ml per hari, frekuensi 4 - 6 kali sehari
 7 - 9 bulan kebutuhan asi 900 - 960 ml per hari, frekuensi 3 - 5 kali sehari
 10 - 12 bulan kebutuhan asi 720 - 900 ml per hari, frekuensi 3 - 4 kali sehari

Growth Spurt ( Lonjakkan Pertumbuhan )

Ada kalanya bunda merasakan bayi bunda lebih sering menyusu bisa tiap 30 menit sampai 60 menit dan durasinya lebih lama dari biasanya hal tersebut bisa jadi bayi bunda sedang mengalami growth sprut atau lonjakkan pertumbuhan yang akan dialami oleh setiap bayi, ketika masa growth spurt berat badan, tinggi badan, lingkar kepala akan bertambah lebih cepat bahkan bayi bunda bisa melakukan hal baru yang sebelumnya tidak bisa dia lakukan.
Masa growth spurt tiap bayi berbeda namun menurut para ahli masa growth spurt rata - rata terjadi pada usia - usia berikut :
  1. Usia 2 minggu
  2. Usia 3 minggu
  3. Usia 6 minggu
  4. Usia 3 bulan
  5. Usia 6 bulan
Masa ini tidak akan berlangsung lama serta bersifat sementara dan bunda tidak perlu kawatir asi bunda kurang karena produksi asi akan menyesuaikan sesuai kebutuhan bayi bunda, setelah melalui masa growth sprut bayi bunda akan kembali ke pola menyusui seperti semula begitu pula produksi asi bunda.

JENIS ASI

 Asi terdiri dari 3 jenis, yaitu :
  1. Kolostrum
Setelah melahirkan asi yang keluar pertama kali itu disebut kolostrum, kolostrum sangat baik untuk buah hati karena mengandung zat kekebalan tubuh sebagai pelindung tubuh bayi terhadap alam luar yang penuh dengan bakteri dan virus, yang tidak tersedia dalam susu formula. Kolostrum ini juga memiliki efek  laksatif, atau sebagai pelancar, yang membantu usus bayi membuang kotoran pertamanya (mekonium) sejak ia dilahirkan, warna dan tekstur kolostrum ini bisa berbeda-beda pada setiap ibu yang baru melahirkan. Ada yang kental dan berwarna kekuningan, ada pula yang encer dan berwarna kepucatan. Kolostrum tidak keluar dengan deras agar si kecil bisa belajar untuk menyusui dengan baik dan benar karena produksi kolostrum memanglah sedikit sesuai kebutuhan bayi usia 1 hari ukuran lambungnya masih sangat kecil, yaitu sekitar sebesar kelereng. Jadi, bayi pun belum memerlukan banyak ASI saat itu ya bunda.
    
      2. Asi Transisi
ASI transisi menggantikan kolostrum dalam empat hari setelah persalinan. ASI transisi mengandung lemak yang tinggi, laktosa, vitamin, lebih banyak kalori dibandingkan dengan kolostrum dan memiliki protein makin rendah, sedangkan lemak dan hidrat arang makin tinggi, dan jumlah  volume ASI semakin meningkat. Hal ini merupakan pemenuhan terhadap aktvitas bayi yang mulai aktif karena bayi sudah beradaptasi terhadap lingkungan. ASI transisi berlangsung sekitar dua minggu dan pada saat ini payudara Anda akan menjadi lebih besar, lebih kencang, dan dapat membuat tidak nyaman atau bahkan terasa sakit. Menyusui secara teratur dan membantu bayi Anda menyusu dengan baik dapat meredakan rasa tidak nyaman pada payudara Anda di masa ini.
      3. Asi Matur
ASI matur muncul setelah ASI transisi dan mulai muncul sekitar akhir dari minggu kedua setelah persalinan. ASI matur lebih cair dan mengandung lebih banyak air dibanding ASI transisi. ASI matur mengandung 90 persen air dan 10 persen karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan energi.
Terdapat dua tipe dari ASI matur: foremilk dan hindmilk. Foremilk terjadi pada awal sesi menyusui dan mengandung air, vitamin, dan protein. Hindmilk terjadi pada akhir sesi menyusui saat payudara hampir kosong dan mengandung kadar lemak yang lebih tinggi. Tahap ASI matur berlangsung hingga Anda menyapih anak Anda. Namun demikian, seiring dengan pertumbuhan anak Anda dan dia mulai memakan makanan padat dan cairan lain, kandungan nutrisi dan ketersedian ASI Anda akan berubah.


Tidak ada komentar: