Selasa

KOLIK

Pernahkan bunda mendengar istilah kolik ? berikut adalah pengertian, penyebab, pencegahan dan penangannan kolik pada bayi.



Kolik adalah suatu keadaan perut yang nyeri / sakit yang umumnya disebabkan karena bayi terlalu banyak menelan udara saat ia minum atau menyusu. Kolik akan menyebabkan lambung meregang dan mengganggu normalnya sistem pencernaan si bayi dan kolik adalah keadaan dimana bayi menangis terus-menerus secara berlebihan ( lebih dari 3 jam sehari dan paling sedikit 4 hari dalam seminggu). Gangguan ini bisa terjadi sejak anak lahir sampai usia 3-4 bulan. Itu sebabnya, dikenal juga istilah kolik tiga bulan.



Penyebab Kolik

Selain karena menelan udara terlalu banyak, kolik bisa disebabkan antara lain karena :
  1. Sistem pencernaan bayi yang tidak mentolerir protein atau laktosa susu sapi
  2. kondisi refluks (asam lambung dan susu akan kembali naik ke kerongkongan)
  3. sistem pencernaan dan sistem saraf yang belum sempurna
  4. Adanya gas di dalam usus dan hipersensitif terhadap lingkungan (cahaya, suara). 
Meski begitu, penyebab terjadinya kolik yang spesifik sampai kini belum diketahui secara pasti.

Gejala Kolik
  • Menangis secara berlebihan setelah minum atau ketika bangun tidur, terutama di malam hari. Bayi tetap normal dan sehat selain waktu-waktu itu.
  • Tangis sukar dihentikan saat serangan terjadi.
  • Ketika menangis, wajahnya berwarna kemerahan, nampak kesakitan dan kakinya diangkat-angkat (lutut ditekuk ke arah dadanya).
  • Perut mungkin kembung.
Penanganan Kolik
Jika bayi bunda mengalami gejala seperti diatas bisa jadi bayi bunda sedang mengalami kolik untuk penangannanya disarankan bunda tetap tenang jangan panik dan lakukan hal ini :
  • naikkan posisi kepalanya ketika berbaring dengan meletakkan bantal pada bagian bawah kasurnya pada bagian kepala, sehingga ketika dibaringkan, bagian kepala bayi akan lebih tinggi dari kakinya, namun perhatikan jangan sampai leher bayi tertekuk, meskipun miring, bayi harus tetap dalam keadaan lurus.
  • Buat bayi bunda merasa nyaman, peluklah dengan mengusap - usap punggungnya. Lakukan berbagai cara agar tangisnya mereda karena ketika bayi bunda menangis akan semakin banyak udara yang masuk ke dalam perutnya, jangan mudah putus asa ya bunda.
Bunda tak perlu kawatir karena kolik akan menghilang dalam beberapa minggu, dan tidak ada dampak jangka panjang terhadap kesehatannya. Apalagi, umumnya, bayi yang kolik tetap punya nafsu makan yang baik serta kenaikan berat badannya normal.
Mencegah Kolik
  • Periksa apakah posisi mulutnya sudah pas saat menyusu, dan sendawakan dengan benar sehabis menyusu sehingga tak ada udara yang masuk ke dalam usus.
  • Bayi yang diberi susu botol harus mendapatkan perhatian yang lebih. Jagalah putingnya agar selalu bersih dan lubangnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Lubang yang terlalu besar akan membuatnya minum terlalu banyak dalam sekali hisap, sedangkan lubang yang terlalu kecil akan membuatnya berusaha menghisap lebih kuat dan ini akan menambah banyaknya udara yang ditelan.

Tidak ada komentar: