Senin

HIDUNG TERSUMBAT PADA BAYI



Disaat bayi anda terserang flu keadaan tersebut membuat bayi anda sangat tidak nyaman karena hidungnya tersumbat dan menyebabkan kesulitan bernafas sehingga tidurnya pun terganggu.

Di tahun pertamanya, bayi biasanya akan lebih mudah terkena pilek atau flu. Hal ini terjadi karena sistem imun-nya belum terbentuk dengan baik. Sehingga, bayi mudah terinfeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Hasilnya, bayi Anda akan mengalami pilek yang ditandai dengan munculnya ingus dan hidung tersumbat. Jika bayi Anda terkena pilek, disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter. Karena jika tidak, risiko seperti pneumonia mungkin bisa terjadi



Disaat seperti ini anda harus tetap tenang dan membantu bayi anda melegakan hidungnya dan meringankan ketidaknyamannya dengan cara - cara dibawah ini :

  • Atur posisi tidur bayi. Jika bagian yang tersumbat sebelah kanan miringkan bayi kiri, jika bagian kiri yang tersumbat miringkan bayi ke kanan dengan begitu dapat melegakan bagian yang tersumbat.
  • Hangatkan tubuh bayi. Dekap bayi anda dengan penuh kasih sayang, jemur dibawah sinar matahari pagi hari, mandikan dengan air hangat serta oleskan minyak telon atau balsam khusus bayi disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada.
  • Penguapan secara alami. Isi baskom dengan air panas tetesi dengan beberapa tetes minyak telon / minyak kayu putih letakkan didekat bayi sehingga uap air dapat terhirup. Cara ini sangat efektif dapat melegakan hidung bayi tersumbat serta dapat meringankan pileknya.
  • Pijat lembut hidung bayi. Pijat secara lembut tepat di hidung bagian atas bayi dengan sedikit olesan minyak telon. Cara tersebut membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang menghalangi pernafasan.
  • Mengeluarkan lendir / ingus. Tetesi tiap hidung bayi 1 - 2 tetes cairan NaCl atau juga dikenal larutan garam murni atau bisa juga menggunakan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) yang banyak tersedia di apotek misalnya Breathy. Cairan ini dapat membuat selaput dalam pernafasan semakin lembut, mengatasi sumbatan pada hidung dan membuat ingus lebih encer, kemudian hisap lendir / ingus dengan hati -hati menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil). Alat - alat ini banyak tersedia di toko perlengkapan bayi.
 Semoga cara - cara mudah diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk anda para orang tua

Tidak ada komentar: